Senin, 29 Maret 2010

Masaklah untuk Sekali Makan Saja

Banyak perempuan yang malas memasak, karena memasak membutuhkan persiapan dan waktu khusus. Padahal bila Anda pandai meramu dan berekperimen maka memasak akan menjadi hobi, bukan sekadar tugas. Anda hanya perlu mengandalkan kreativitas, memiliki ide yang variatif, tahu komposisi yang seimbang, dan tahu cara menyiasati agar bisa menyingkat waktu saat memasak.

Mulailah aktivitas memasak dengan menyiapkan variasi menu dan bahan-bahannya.

''Usahakan bumbu-bumbu siap pakai atau bumbu matang sudah ada dalam lemari es,'' ujar Sisca Soewitomo, pakar dan praktisi masakan dalam talkshow "Masakan Ibu-Cinta, Kreasi, dan Apresiasi" yang digelar oleh Royco di Plaza Bapindo, Kamis (11/3/2010).

Rajin-rajinlah membaca buku resep, majalah, dan tabloid kuliner supaya Anda mendapatkan inspirasi dalam menu masakan.

''Gunakan resep yang simpel dan tidak membutuhkan banyak bumbu masakan,'' sarannya.

Contohnya sup. Bumbu masakan ini tergolong banyak. Belum lagi bahan isian seperti sayuran atau daging ayam atau daging sapi.

Agar tidak merepotkan, pilih cara praktis untuk menghemat waktu dan tenaga. Daripada mengulek atau menghaluskan bumbu, beli saja bumbu instan atau bumbu basah siap pakai. Anda juga bisa membeli ayam tanpa tulang siap masak, atau variasikan dengan sosis dan bakso (ikan, ayam, atau daging). Begitu juga dengan sayur. Jika Anda ingin lebih praktis gunakan saja sayur kaleng atau sayuran beku.

Sebaiknya Anda memasak untuk satu kali makan saja. Sebab biasanya keluarga akan bosan dan menolak makan makanan yang sama. Usahakan juga memasak 1 jam sebelum waktu makan, supaya tampilan masakan secara visual masih bagus. ''Selain itu masakan masih wangi dan membangkitkan selera makan,'' imbuh Sisca.

Memasak juga ada triknya. Contohnya tahu sutra. Tahu sutra atau egg tofu sering hancur saat digoreng. Rahasia menggoreng tahu jenis ini adalah membalurkan terlebih dahulu pada tepung maizena agar kadar air dalam tahu bisa diserap. Tahu pun tak akan hancur saat digoreng atau dimasak.

Trik-trik simpel seperti ini memang sepele. Tetapi Anda tidak akan tahu jika tidak punya referensi atau jarang membaca. Lengkapi juga pengetahuan Anda dengan banyak membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar